Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
1.
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
1. Menyusun
teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon
pemaparan jati
diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
|
Teks
lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon
pemaparan jati
diri
Fungsi
sosial
Menjalin hubungan dengan guru, teman dan
orang lain
Ungkapan
My
name is... I’m ... I live in ... I have … I like …. dan semacamnya
Unsur
kebahasaan:
1. Kata
terkait dengan hubungan kekeluargaan dan kekerabatan, profesi pekerjaan,
hobi.
2. Kata
kerja dalam simple present tense: be,
have dalam simple present tense
3. Kata
tanya What? Who? Which?
4. Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi
5.
Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku terbuka,
menghargai perbedaan, perdamaian.
|
Mengamati
●
Siswa mendengarkan/membaca pemaparan
jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur
kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
●
Siswa mencoba menirukan pengucapannya
dan menuliskan pemaparan jati diri
yang digunakan.
Mempertanyakan
●
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain, perbedaan antara berbagai pemaparan jati diri
dalam bahasa Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
●
Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi
teks yang memaparkan jati diri
Mengeksplorasi
●
Siswa mencari pemaparan jati diri dari
berbagai sumber.
●
Siswa berlatih memaparkan jati diri
dengan teman melalui simulasi.
● Siswa
berlatih memaparkan jati diri melalui tulisan
Mengasosiasi
●
Siswa menganalisis ungkapan memaparkan
jati diri dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.
●
Secara berkelompok siswa mendiskusikan
ungkapan memaparkan jati diri yang mereka temukan dari sumber lain dan
membandingkannya dengan yang digunakan guru
●
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
●
Siswa mendemonstrasikan penggunaan
pemaparan jati diri secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan
fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan
konteks
●
Siswa menuliskan permasalahan dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria
penilaian:
●
Pencapaian fungsi sosial
●
Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
memaparkan dan menanyakan jati diri
●
Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
●
Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Unjuk
kerja
● Melakukan
monolog yang menyebutkan jati diri
didepan kelas
●
Ketepatan menggunakan struktur dan unsur
kebahasaan dalam menyebutkan jati diri
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian formal seperti tes,
tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
●
Berperilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi
●
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
Portofolio
●
Kumpulan karya siswa yang mencerminkan
hasil atau capaian belajar berupa rekaman penggunaan ungkapan dan skrip
percakapan
●
Kumpulan hasil tes dan latihan.
●
Catatan atau rekaman penilaian diri dan
penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya.
Penilaian
Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal,
format khusus, komentar, atau bentuk
penilaian lain
|
2 x 2 JP
|
●
Audio CD/ VCD/DVD
●
SUARA GURU
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
1. Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
2.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
mengucapkan dan merespon pujian bersayap, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk memuji bersayap (extended) serta responnya
Fungsi
sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan
guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
“Excellent! You really did it well,
Tina.” “That’s nice, Anisa. I really
like it.” “It was great. I like it, thank you,”
Unsur
kebahasaan:
Ucapan, tekanan kata, intonasi
|
Mengamati
●
Siswa mendengarkan/menonton interaksi
memuji bersayap.
●
Siswa mengikuti interaksi memuji
bersayap.
●
Siswa menirukan model interaksi memuji
bersayap
●
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi
ciri-ciri interaksi memuji bersayap (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
Mempertanyakan
(questioning)
Dengan bimbingan dan
arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai
ungkapan memuji bersayap dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang
ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa memuji bersayap dengan bahasa
Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
●
Siswa membandingkan ungkapan memuji
bersayap yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
●
Siswa membandingkan antara ungkapan
dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
●
Siswa memuji dengan bahasa Inggris, di
dalam dan di luar kelas.
●
Siswa menuliskan permasalahan dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria Penilaian:
● Pencapaian
fungsi sosial
● Kelengkapan
dan keruntutan struktur teks memuji bersayap
● Ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, dan tulisan tangan
●
Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk
kerja
●
Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan pujian
dan responnya .
●
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam
menyampaikan pujian serta responnya
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian formal seperti tes,
tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
●
Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk
menyatakan pujian dan responnya ketika muncul kesempatan.
●
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran di setiap tahapan.
●
Kesantunan
dan kepedulian
dalam melaksanakan Komunikasi
|
1
x 2 JP
|
●
Audio CD/
●
SUARA GURU
●
Koran/ majalah ber
|
1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
1. Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
3.
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian (care), serta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai
konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk menunjukkan perhatian
(care)
Fungsi
sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan
guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
Ungkapan untuk memberi perhatian dan
cara meresponnya: You look pale . Are
you OK? Not, really. I’ve got a headache.
Unsur
kebahasaan:
Ucapan, tekanan kata, intonasi
|
Mengamati
●
Siswa mendengarkan/menonton interaksi
menunjukkan perhatian.
●
Siswa mengikuti interaksi menunjukkan
perhatian.
●
Siswa menirukan model interaksi
menunjukkan perhatian.
●
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menunjukkan perhatian. (fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
(questioning)
● Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara
berbagai ungkapan menunjukan perhatian dalam bahasa Inggris, perbedaan
ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menunjukan perhatian dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
●
Siswa membandingkan ungkapan menunjukan
perhatian yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
●
Siswa membandingkan antara ungkapan
dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
●
Siswa menunjukan perhatian dengan bahasa
Inggris, di dalam dan di luar kelas.
●
Siswa menuliskan permasalahan dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukan perhatian dalam jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria Penilaian:
● Pencapaian
fungsi sosial
● Kelengkapan
dan keruntutan struktur teks menunjukkan perhatian
● Ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, dan tulisan tangan
●
Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk
kerja
●
Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan
pertanyaan untuk menunjukkan perhatian
●
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur
dan unsur kebahasaan dalam
menyampaikan ungkapan untuk menunjukkan perhatian
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian formal seperti tes,
tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
●
Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk
menunjukkan perhatian (care) ketika muncul
kesempatan.
●
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran di setiap tahapan.
●
Kesantunan
dan kepedulian
dalam melaksanakan Komunikasi
|
1 x 2 JP
|
●
Audio CD/
●
SUARA GURU
●
Koran/ majalah ber
|
1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
4.
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat
melakukan sesuatu, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar
dan sesuai konteks
|
Teks
lisan dan tulis pernyataan dan pertanyaan tentang niat melakukan sesuatu
Fungsi
Sosial
Menyatakan rencana
Struktur
Teks
‘I’d like to tell my name,’ I will tell
him about my job, I’m going to introduce my friend
Unsur
Kebahasaan
Kata kerja I’d like to .., I will .., I’m going to ...; tata bahasa, ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang
jelas dan rapi.
|
Mengamati
● Siswa
mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyatakan dan menanyakan tentang
niat melakukan sesuatu dalam berbagai konteks
●
Siswa mengikuti interaksi tentang
pernyataan dan pertanyaan tentang menyatakan dan menanyakan tentang
niat melakukan sesuatu dengan bimbingan guru
●
Siswa menirukan contoh-contoh kalimat
yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
●
Dengan bimbingan dan arahan guru siswa
mengidentifikasi ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat
melakukan sesuatu
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menyatakan dan
menanyakan tentang
niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang
ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain dsb.
Mengekslorasi
● Siswa
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam konteks
simulasi, role-play dan kegiatan lain yang terstuktur
● Siswa
berusaha menyatakan dan bertanya tentang niat melakukan sesuatu
Mengasosiasi
●
Siswa membandingkan antara ungkapan niat
melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris yang telah dipelajari dengan yang ada
dari berbagai sumber lain.
●
Siswa membandingkan ungkapan menyatakan
dan menanyakan tentang niat melakukan
sesuatu dalam bahasa inggris dan dalam bahasa Indonesia
Mengkomunikasikan
●
Setiap menyatakan dan menanyakan
ungkapan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris di dalam dan di
luar kelas
●
Siswa menuliskan permasalahan dalam jurnal
belajar (learning journal)
|
Kriteria
penilaian:
● Pencapaian
fungsi sosial
●
Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
pernyataan dan pertanyaan tentang niat melakukan sesuatu
●
Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
● Kesesuaian
format penulisan/
penyampaian
Cara
Penilaian:
Pengamatan
(observasi)
Bukan penilaian formal seperti tes,
tetapi untuk tujuan memberi balikan.
●
Upaya menggunakan Bahasa Inggris untuk
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu ketika muncul kesempatan.
●
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
●
Berperilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi
|
2
x 2 JP
|
●
Audio CD/ VCD/DVD
●
SUARA GURU
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi fungsional
5.
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
5.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan
selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan tujuan, struktur teks,
dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai dengan konteks.
|
Teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended)
Fungsi
Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan
guru, teman, dan orang lain.
Struktur
text
Ungkapan baku dari sumber-sumber
otentik.
Unsur
kebahasaan
1. Kata
dan tata bahasa baku
2. Ejaan
dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
3.
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku peduli dan
cinta damai.
|
Mengamati
●
Siswa memperhatikan beberapa pesan yang
berisi ucapan selamat dari berbagai sumber (a.l. film, tape, surat kabar,
majalah).
●
Siswa membacakan contoh-contoh teks
pesan berisi ucapan selamat tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata,
dengan benar dan lancar.
● Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi
ucapan selamat (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan(questioning)
● Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
berbagai pesan yang berisi ucapan selamat dalam bahasa Inggris, perbedaan
ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
● Siswa
secara mandiri dan dalam kelompok mencari ucapan selamat yang lain dari berbagai sumber
● Siswa bergantian membacakan ucapan selamat dengan
unsur kebahasaan yang tepat
● Siswa
mengucapkan dan merespon ucapan selamat yang disampaikan teman dan guru.
Mengasosiasi
● Siswa
membandingkan berbagai ucapan selamat terkait dengan tujuan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisiensi, efektivitasnya.
● Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
hasil analisis yang disampaikan dalamkerja kelompok.
Mengkomunikasikan
●
Siswa
berkreasi membuat teks-teks ucapan selamat dan menyampaikannya di
depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
●
Siswa membuat kartu ucapan selamat
● Siswa
memperoleh feedback dari guru dan teman sejawat
|
Kriteria penilaian:
●
Pencapaian fungsi sosial
●
Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
ucapan selamat bersayap
●
Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
● Kesesuaian
format penulisan/
penyampaian
Cara
Penilaian:
Unjuk
kerja
● Melakukan
role-play (bermain peran)
menggunakan ungkapan berbentuk pesan berisi ucapan selamat serta responnya
dalam situasi nyata
●
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam
menyampaikan ucapan selamat
bersayap serta responnya
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian formal seperti tes,
tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
●
Perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi
●
Ketepatan dan kesesuaian dalam
menyampaikan dan menulis teks berisi ucapan selamat
●
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
●
Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa
catatan atau rekaman monolog.
●
Kumpulan karya siswa yang mendukung
proses penulisan teks ucapan selamat berupa: draft, revisi, editing sampai hasil
terbaik untuk dipublikasi
● Kumpulan
hasil tes dan latihan.
●
Catatan atau rekaman penilaian diri dan
penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
|
2
x 2 JP
|
●
Audio CD/ VCD/DVD
●
SUARA GURU
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
6.
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada pernyataan dan pertanyaan tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan
yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
6.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di
waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada
kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
|
Tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya
(Past
Simple dan Present Perfect Tense)
Fungsi
sosial
Menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya
Struktur
teks
I
had plowed into a big green Buick. I hollered farewells to my friends and
poured myself into the car
My
friend has prepared everything before we left
Unsur
kebahasaan
1.
Past Simple, Present Perfect
2.
Tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi
antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar
kelas.
|
Mengamati
●
Siswa mendengarkan dan membaca banyak
kalimat Past Simple dan
Present perfect tense, dalam berbagai konteks.
●
Siswa berinteraksi menggunakan kalimat Past Simple dan
Present perfect tense selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
●
Siswa menirukan contoh-contoh kalimat Past Simple dan Present Perfect
tense,
●
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri kalimat Past
Simple dan Present Perfect tense, (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai past simple dan present
perfect yang ada dalam bahasa Inggris, dan perbedaan ungkapan dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
Mengeksplorasi
●
Siswa menyatakan dan menanyakan
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa Inggris dalam
konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
●
Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa Inggris selama
proses pembelajaran.
Mengasosiasi
●
Siswa membandingkan kalimat Past Simple dan Present Perfect
tense yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
●
Siswa membandingkan antara kalimat Past Simple dan Present Perfect
tense dalam bahasa Inggris dengan kalimat
tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang
merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa
ibu atau bahasa Indonesia.
Mengkomunikasikan
●
Siswa menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dengan bahasa Inggris, di
dalam dan di luar kelas.
●
Siswa menuliskan permasalahan dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam jurnal belajarnya.
|
Kriteria penilaian:
●
Pencapaian fungsi sosial
●
Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
●
Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
●
Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara
Penilaian:
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian formal seperti tes,
tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian
●
Perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi
●
Ketepatan dan kesesuaian dalam
menyampaikan dan menulis teks
●
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
●
Kumpulan karya siswa yang mencerminkan
hasil atau capaian belajar
●
Kumpulan hasil tes dan latihan.
●
Catatan penilaian diri dan penilaian
sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
|
2
x 2 JP
|
●
Audio CD/ VCD/DVD
●
SUARA GURU
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkankan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
7.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
8.
Menangkap makna dalam teks
deskriptif lisan dan tulis sederhana.
9.
Menyunting teks deskriptif lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
10. Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
.
|
Teks deskriptif lisan dan tulis,
sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
Fungsi sosial
Membanggakan,
mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengritik, mempromosikan, dsb.
Struktur text
1.
Penyebutan
nama orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan nama
bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan
2.
Penyebutan
sifat orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan bagiannya,
dan
3. Penyebutan tindakan dari atau terkait
dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
yang
semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.
Unsur kebahasaan
1.
Kata
benda yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
2.
Kata
sifat yang terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal
3.
Ejaan
dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
4.
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
5. Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku toleran, kewirausahaan, nasionalisme,
percaya diri.
|
Mengamati
● Siswa memperhatikan / menonton beberapa
contoh teks/ film tentang penggambaran
orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah.
● Siswa menirukan contoh secara terbimbing.
● Siswa belajar menemukan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
Mempertanyakan (questioning)
● Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks deskripsi yang ada
dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia
● Siswa mempertanyakan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks deskriptif
Mengeksplorasi
● Siswa secara kelompok membacakan teks deskriptif lain dari berbagai sumber
dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat
● Siswa berpasangan menemukan gagasan pokok, informasi rinci
dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks deskripsi yang
dibaca/didengar.
● Siswa menyunting teks deskripsi yang diberikan
guru dari segi struktur dan kebahasaan
●
Berkelompok,
siswa menggambarkan tempat wisata lain dalam konteks penyampaian informasi
yang wajar terkait dengan tujuan yang hendak dicapai dari model yang
dipelajari
Mengasosiasi
● Dalam kerja kelompok terbimbing
siswa menganalisis dengan
membandingkan berbagai teks yang menggambarkan orang, tempat wisata,
bangunanan bersejarah terkenal dengan fokus pada struktur teks, dan unsur kebahasaan.
● Siswa mengelompokkan teks deskripsi
sesuai dengan fungsi sosialnya.
● Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia
sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
● Berkelompok, siswa menyusun teks
deskripsi tentang orang/ tempat wisata/ bangunan bersejarah sesuai dengan
fungsi sosial tujuan, struktur dan
unsur kebahasaannya
● Siswa menyunting deskripsi yang dibuat
teman.
● Siswa menyampaikan deskripsinya didepan
guru dan teman dan mempublikasikannya di mading.
● Siswa membuat kliping deskripsi tentang
orang, tempat wisata atau bangunan bersejarah yang mereka sukai.
● Siswa membuat laporan evaluasi diri
secara tertulis tentang pengalaman dalam menggambarkan tempat wisata dan
bangunan termasuk menyebutkan dukungan dan kendala yang dialami.
● Siswa dapat menggunakan ‘learning
journal’
|
Kriteria
penilaian:
●
Pencapaian
fungsi sosial
●
Kelengkapan
dan keruntutan struktur teks deskriptif
●
Ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, dan tulisan tangan
● Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Unjuk kerja
● Melakukan monolog tentang deskripsi
orang, tempat wisata, bangunan bersejarah terkenal di depan kelas /
berpasangan
● Ketepatan dan kesesuaian dalam
menggunakan struktur teks dan unsur
kebahasaan dalam membuat teks deskriptif
Pengamatan (observations):
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian
● Perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi
● Ketepatan dan kesesuaian dalam
menyampaikan dan menulis teks deskriptif
● Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
● Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
strategi dalam membaca
Portofolio
●
Kumpulan
catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks deskriptif.
● Kumpulan karya siswa yang mendukung proses
penulisan teks diskriptif berupa: draft, revisi, editing sampai hasil
terbaik untuk dipublikasi
● Kumpulan hasil tes dan latihan.
● Catatan atau rekaman penilaian diri dan
penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
● Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
|
9
x 2 JP
|
●
Audio CD/ VCD/DVD
●
SUARA GURU
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
8.
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
11.
Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
12.
Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks
tulis berbentuk announcement
(pemberitahuan)
Fungsi
sosial
Memberikan informasi dengan atau tanpa
perintah atau petunjuk yang harus diikuti, untuk memperlancar informasi
antara guru, siswa, kepala sekolah, dan staf administrasi
Struktur
Teks
Ungkapan yang lazim digunakan dalam teks
announcement di media massa maupun
di internet, secara urut dan runtut.
Unsur
kebahasaan
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan
kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tanda baca yang tepat, dengan
pengucapan yang lancar dan penulisan dengan tulisan tangan atau cetak yang
jelas dan rapi
Multimedia:
Layout, dekorasi, yang membuat tampilan
teks lebih menarik
|
Mengamati
●
Siswa mendengarkan/membaca teks announcement dari berbagai sumber
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun
format penyampaian/penulisannya.
●
Siswa mencoba menirukan pengucapannya
dan menuliskan teks yang digunakan.
● Siswa
belajar membaca cepat untuk mendapat gambaran umum dari teks melalui proses skimming dan scanning untuk mendapatkan informasi khusus.
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai teks pemberitahuan dalam bahasa
Inggris, perbedaan teks pemberitahuan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
●
Mengeksplorasi
●
Siswa mencari teks lain untuk
mendengarkan/membaca teks announcement
dengan strategi yang digunakan dari berbagai sumber.
●
Siswa berlatih membaca teks announcement dengan strategi yang
digunakan bersama teman
Mengasosiasi
●
Siswa menganalisis teks announcement dengan memperhatikan
format penulisannya melalui strategi yang digunakan.
●
Siswa membandingkan teks announcement yang didengar/dibacakan
dari guru dengan yang dipelajari dari berbagai sumber lain.
●
Secara berkelompok siswa mendiskusikan
teks announcement yang mereka temukan dari sumber lain.
●
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
●
Siswa membuat teks announcement
dalam kerja kelompok
●
Siswa menyampaikan pemberitahuan secara
tertulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai dengan konteks
●
Membuat jurnal belajar (learning journal)
|
Kriteria penilaian:
●
Pencapaian fungsi sosial
●
Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
announcement
●
Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
●
Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara
Penilaian
Unjuk
kerja
●
Melakukan monolog dalam bentuk
pemberitahuan (announcement) di
depan kelas
● Ketepatan
dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan
dalam teks pemberitahuan (announcement)
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian formal seperti tes,
tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
●
kesantunan saat melakukan tindakan
komunikasi
● perilaku
tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan
cinta
damai,
dalam
melaksanakan komunikasi
● Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
●
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
strategi dalam membaca
Portofolio
●
Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa
catatan atau rekaman monolog teks pemberitahuan
●
Kumpulan karya siswa yang mendukung
proses penulisan teks pemberitahuan berupa: draft, revisi, editing sampai
hasil terbaik untuk dipublikasi
●
Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian
Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format
khusus, komentar, atau bentuk
penilaian lain
|
2 x 2 JP
|
●
Audio CD/ VCD/DVD
●
SUARA GURU
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
9.
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada teks recount
sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
13.
Menangkap makna dalam teks recount lisan dan tulis sederhana.
14.
Menyusun teks recount lisan dan tulis sederhana tentang pengalaman/
kegiatan/kejadian/peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks
|
Teks recount
lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman /kegiatan/ kejadian/peristiwa.
Fungsi
sosial
Meneladani, membanggakan, bertindak teratur, teliti dan disiplin,
melaporkan.
Struktur
a. Menyebutkan
tindakan/ peristiwa/kejadian secara umum
b. Menyebutkan
urutan tindakan/ kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut
c. Jika
perlu, ada kesimpulan umum.
Unsur
kebahasaan
1.
Kata-kata terkait dengan perjuangan
hidup, profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak
dibicarakan.
2.
Penyebutan kata benda
3. Ejaan
dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
4.
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan
5.
Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku
kewirausahaan, daya juang, percaya diri, tanggung jawab, disiplin.
|
Mengamati
●
Siswa menyimak berbagai contoh teks
recount tentang
pengalaman/kegiatan/kejadianb/peristiwa yang diberikan/ diperdengarkan
guru
●
Siswa mengamati fungsi sosial, struktur
dan unsur kebahasaannya
●
Siswa belajar menentukan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks recount
Mempertanyakan
(questioning)
●
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai teks tentang pengalaman/kejadian/peristiwa yang
ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia,.
●
Siswa mempertanyakan mengenai gagasan
pokok informasi rinci dan informasi
tertentu dalam recount
Mengeksplorasi
●
Siswa mencari beberapa text recount dari
berbagai sumber.
●
Siswa berlatih menemukan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
●
Siswa membacakan teks recount kepada
teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
●
Siswa berlatih menysun kalimat-kalimat
yang diberikan menjadi text recount.
● Siswa
secara berkelompok menuliskan /menyalin teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman/kegiatan/
kejadian/peristiwa dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur
kebahasaan dengan runtut
Mengasosiasi
●
Secara berpasangan siswa saling
menganalisis teks recount tulis dengan fokus pada fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan.
●
Siswa mendiskusikan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks.
● Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
●
Siswa membuat teks recount sederhana
tentang keteladanan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur
kebahasaannya.
●
Siswa mempresentasikannya di kelas
●
Siswa membuat kliping teks recount dengan menyalin dari beberapa
sumber.
●
Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)
|
Kriteria penilaian:
● Pencapaian
fungsi sosial
● Kelengkapan
dan keruntutan struktur teks recount
● Ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, dan tulisan tangan
●
Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara
Penilaian
Unjuk
kerja
●
Melakukan monolog dalam bentuk recount
dalam kelompok / berpasangan/ didepan kelas
● Ketepatan
dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan
dalam teks recount
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian formal seperti tes,
tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
●
kesantunan saat melakukan tindakan
● perilaku
tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
● Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
●
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
strategi dalam membaca
Portofolio
●
Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa
catatan atau rekaman monolog teks recount.
●
Kumpulan karya siswa yang mendukung
proses penulisan teks recount berupa: draft, revisi, editing sampai hasil
terbaik untuk dipublikasi
●
Kumpulan hasil tes dan latihan.
●
Catatan atau rekaman penilaian diri dan
penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian
Diri dan Penilaian Sejawat
●
Bentuk: diary, jurnal, format
khusus, komentar, atau bentuk
penilaian lain
●
Siswa diberikan pelatihan sebelum
dituntut untuk melaksanakannya.
|
7
x 2 JP
|
●
Audio CD/ VCD/DVD
●
SUARA GURU
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
9.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
15. Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis
berbentuk legenda, sederhana
|
Teks
naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana.
Fungsi
sosial
Meneladani nilai-nilai moral, cinta
tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur
a. Pengenalan
tokoh dan setting
b. Komplikasi
terhadap tokoh utama
c. Solusi
dan akhir cerita
Unsur
kebahasaan
3. Kata-kata
terkait karakter, watak, dan setting
dalam legenda
4.
Modal auxiliary verbs.
4. Ejaan
dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
5.
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan
6.
Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku dan
nilai-nilai luhur dan budaya.
|
Mengamati
●
Siswa menyimak berbagai contoh teks
legenda yang diberikan/ diperdengarkan
guru
●
Siswa mengamati fungsi sosial, struktur
dan unsur kebahasaannya
●
Siswa mengamati keteladanan dari cerita
legenda
●
Siswa belajar menemukan gagasan utama,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks legenda
Mempertanyakan
(questioning)
●
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks naratif yang ada
dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia.
●
Siswa mempertanyakan gagasan utama,
informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
● Siswa
membaca beberapa text legenda dari berbagai sumber.
●
Siswa berlatih menemukan gagasan utama,
informasi rinci dan informasi tertentu
●
Siswa melengkapi rumpang dari beeberapa
teks legenda sederhana
● Siswa
secara berkelompok menuliskan /menyalin teks recount dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
● Siswa
membacakan teks recount kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang
tepat
Mengasosiasi
●
Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks legenda dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
● Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
●
Siswa menyampaikan informasi fungsi
social, struktur, dan unsure kebahasanyang ditemukan setelah membaca teks
legenda.
●
Siswa menceritakan kembali teks legenda
sederhana yang dibaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur
kebahasaannya.
●
Siswa membuat kliping teks legenda dengan menyalin dan beberapa
sumber.
●
Siswa membuat ‘learning journal’
|
Kriteria penilaian:
● Pencapaian
fungsi sosial
●
Kelengkapan dan keruntutan struktur teks naratif
●
Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
●
Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Unjuk
kerja
●
Melakukan monolog dalam bentuk teks
naratif dalam kelompok / berpasangan/ didepan kelas
●
Menggunakan struktur teks dan unsur
kebahasaan dalam teks naratif
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian formal seperti tes,
tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
●
Berperilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melakukan Komunikasi
●
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
strategi dalam membaca
●
● Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
●
Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa
catatan atau rekaman monolog teks naratif
●
Kumpulan karya siswa yang mendukung
proses penulisan teks naratif berupa: draft, revisi, editing sampai hasil
terbaik untuk dipublikasi
●
Kumpulan hasil tes dan latihan.
●
Catatan atau rekaman penilaian diri dan
penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian
Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format
khusus, komentar, atau bentuk
penilaian lain
|
6 x 2 JP
|
●
Audio CD/ VCD/DVD
●
SUARA GURU
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.11. Menyebutkan fungsi
sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
4.16.
Menangkap makna lagu sederhana.
|
Lagu
sederhana
Fungsi
sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan,
mengajarkan pesan moral
Unsur
kebahasaan
1. Kata,
ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
2. Ejaan
dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
3.
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang
menginspirasi.
|
Mengamati
●
Siswa mendengarkan/membaca beberapa
lirik lagu berbahasa Inggris dan menyalinnya
● Siswa
menirukan penguncapan dengan menyanyikan sesuai dengan lagu yang didengar
Mempertanyakan
●
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain perbedaan pesan yang ada dalam lagu bahasa
Inggris, perbedaan lagu dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia.
●
Siswa memperoleh pengetahuan tambahan
tentang kosa kata dan pesan dalam lagu
Mengeksplorasi
●
Siswa membacakan lirik lagu yang disalin
kepada teman sebangku
●
Siswa menyanyikan lagu yang disalin
dengan pengucapan dan tekanan kata yang tepat
●
Siswa berdiskusi tentang pesan lagu yang
didengar
Mengasosiasi
●
Secara individu siswa membandingkan
pesan yang terdapat dalam beberapa lagu yang dibaca/didengar
● Siswa
membuat kumpulan lagu- lagu yang bertema perdamaian dengan menyalin
Mengkomunikasikan
●
Siswa melaporkan kumpulan lagu favorit mereka yang sudah
dianalis tentang pesan di dalam lagu-lagu tersebut
●
Antarsiswa melakukan penilaian terhadap
kumpulan lagu yang dibuat.
|
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian formal seperti tes,
tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
●
Perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan Komunikasi
●
Ketepatan dan kesesuaian dalam
pengucapan dan penyalinan lirik lagu
●
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
Portofolio
●
Kumpulan kemajuan siswa berupa kumpulan
lagu yang disalin dengan tulisan tangan beserta kesan terhadap lagu
●
kumpulan hasil tes dan latihan.
●
Catatan atau rekaman penilaian diri dan
penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format
khusus, komentar, atau bentuk
penilaian lain
|
2
x 2 JP
|
●
Audio CD/ VCD/DVD
●
www.youtube
●
SUARA GURU
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
0 komentar:
Posting Komentar