Pages

Senin, 21 Juli 2014

SILABUS SMA/MA BAHASA INGGRIS KELAS XI


                                                                                         
Mata Pelajaran             : BAHASA INGGRIS-WAJIB
Kelas                              :  XI
Kompetensi Inti    

 KI 1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar  

2.1  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

3.1  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


Teks lisan dan tulis untuk memberi saran dan tawaran dan responnya

Fungsi Sosial

Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain

Terbiasa menggunakan ungkapan memberi saran dan tawaran dan meresponnya

Ungkapan

 Saran dan tawaran:

 Why don’t you…

What about …?

You should …

You can ….

Do you need ….?

    Unsur kebahasaan

1.    Ucapan, tekanan kata, intonasi,

2.    Rujukan kata



Topik

Keteladanan tentang perilaku peduli, kerjasama, dan proaktif


































Mengamati

  Siswa menyimak/ mendengarkan  ungkapan  memberi  saran dan tawaran dan responnya dengan  (ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan) yang tepat, serta sikap santun dan peduli.

  Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan  menuliskan ungkapan yang digunakan.

  Siswa belajar mengambil giliran dalam melakukan tindak komunikasi

Mempertanyakan (questioning)

    Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan:

Fungsi sosial

Ungkapan yang digunakan untuk memberi saran dan tawaran

Penggunaan unsur kebahasaan dari tindakan komunikatif memberi  saran dan tawaran dan responnya.

Mengeksplorasi

Siswa secara mandiri mencari pengetahuan tambahan tentang tujuan, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam ungkapan memberi dan  dan tawaran dan meresponnya

Siswa berlatih menggunakan ungkapan tersebut

Siswa berlatih mengambil giliran dan menggunakan kesantunan dalam berkomunikasi

Mengasosiasi

Siswa menganalisis ungkapan untuk menyatakan, memberi, dan menerima saran dan tawaran dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.  

Dalam kerja kelompok terbimbing, siswa membandingkan ungkapan memberi saran dan tawaran dan responnya yang lain dan mengaitkan dengan berbagai ekspresi yang mungkin digunakan, sesuai konteks penggunaannya.

  Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.

  Siswa membandingkan cara mengambil giliran dan merespon dengan yang diperoleh dari sumber lain

Mengkomunikasikan

  Siswa bermain peran memberi saran dan tawaran serta responnya

  Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan memberi saran dan tawaran dalam konteks komunikasi yang wajar di dalam dan di luar kelas,dalam bentuk percakapan/simulasi  dengan memperhatikanfungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan serta strategi yang benar dan sesuai dengan konteks.

  Siswa membuat ‘learning journal’
Kriteria Penilaian:

Tingkat ketercapaian fungsi sosial memberi  saran dan tawaran dan responnya

Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks memberi  saran dan tawaran dan responnya

Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi

Kesesuaian format penulisan/ penyampaian



Cara Penilaian:

Unjuk kerja

Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang memberi  saran dan tawaran dan responnya .

  Ketepatan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam memberi  saran dan tawaran serta responnya

Pengamatan (observations): 

    Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk  memberi  saran dan tawaran dan responnya ketika muncul kesempatan.

    Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.

    Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi


2  x 2jp
   CD/ Audio/ VCD

   Koran/ majalah berbahasa Inggris

   Sumber dari internet:


 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International

2.2.  Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks.
Teks  lisan dan tulis untuk menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya

Fungsi Sosial

Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain

Ungkapan

   menyatakan

   pendapat/pikiran

  I think …

  I suppose...

  In my opinion

Unsur Kebahasaan

   Ucapan, tekanan kata,   intonasi 
































Mengamati

Siswa mendengarkan/menonton interaksi menyatakan pendapat  dan pikiran  serta responnya

Siswa mengikuti interaksi menyatakan pendapat dan pikiran

Siswa menirukan model interaksi menyatakan pendapat dan pikiran

Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan pendapat  dan pikiran  (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

Mempertanyakan (questioning)

Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai ungkapan  menyatakan pendapat dan pikiran  dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Mengeksplorasi

Siswa menyatakan pendapat  dan pikiran dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Mengasosiasi

Siswa membandingkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.

  Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.

Mengkomunikasikan

Siswa menyatakan pikiran dan pendapat  dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.

Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pendapat dan pikiran dalam jurnal belajar (learning journal).
Kriteria Penilaian:

Tingkat ketercapaian fungsi social ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran

Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran

Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi

Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Cara Penilaian:

Unjuk kerja

   Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.

   Ketepatan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya

Pengamatan (observations): 

    Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pendapat atau pikiran ketika muncul kesempatan.

    Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.

    Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi

    Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi




2 x 2 JP
   CD/ Audio/ VCD

   Koran/ majalah berbahasa Inggris

   Sumber dari internet:


1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International

2.1.Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.

3.3  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), sesuai dengan konteks penggunaannya

4.3  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan harapan dan doa, bersayap (extended) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks
Teks  lisan dan tulis untuk menyatakan  harapan dan doa  serta responnya



Fungsi sosial:

  Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain

 Ungkapan:

      harapan dan doa

I hope …

I wish you all the best. Thank you.



Unsur kebahasaan:

 Ucapan, tekanan kata, intonasi 


Mengamati

  Siswa mendengarkan/menonton interaksi ungkapan harapan dan doa

  Siswa mengikuti interaksi harapan dan doa 

  Siswa menirukan model interaksi harapan dan doa  

  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi harapan dan doa. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

Mempertanyakan (questioning)

Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan harapan dan doa  dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

Mengeksplorasi

Siswa menyatakan harapan dan doa dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Mengasosiasi

    Siswa membandingkan ungkapan harapan dan doa yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.

    Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.



Mengkomunikasikan

    Siswa menyatakan harapan dan doa dalam bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.

    Siswa menuliskan permasalahan penggunaan ungkapan harapan dan doa dalam  bahasa Inggris  dalam jurnal belajar (learning journal).
Kriteria Penilaian:

Tingkat ketercapaian fungsi social ungkapan menyatakan harapan dan doa

Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks ungkapan menyatakan harapan dan doa bersayap

Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi

Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Cara Penilaian:

Unjuk kerja

   Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang ungkapan menyatakan harapan dan doa bersayap

   Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  menyatakan harapan dan doa serta responnya.

Pengamatan (observations): 

    Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan harapan dan doa ketika muncul kesempatan.

    Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.

    Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
2 x 2 JP
   CD/ Audio/ VCD

   Koran/ majalah berbahasa Inggris

   Sumber dari internet:


1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.3  Menunjukkankan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional

3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.4   Menangkap makna teks undangan resmi.

4.5   Menyunting undangan resmi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.6 Menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


Teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk undangan resmi sederhana

Fungsi Sosial

Menjagahubungan transaksional dengan orang lain

Struktur

   Salutation

Will/ Couid  you come   with me to the exhibition?

Is it possible for you to attend my birthday partyr?

    Closing

Unsur kebahasaan:

1.    Kata dan tata bahasa baku

2.    Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

3.    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan

4.    Layout

5.    Rujukan kata
Mengamati

   Siswa mendengarkan berbagai ungkapan yang digunakan guru dalam mengundang secara resmi dari berbagai sumber (a.l. media massa, internet).

   Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci

   Siswa membacakan contoh-contoh teks mengundang tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.

   Siswa menyalin contoh-contoh teks undangan resmi sesuai dengan aslinya agar menangkap isi, format dan tata letak penulisan.



Mempertanyakan (questioning)

   Dengan pertanyaan pengarah dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan; struktur dan kebahasaan yang digunakan dalam mengundang secara resmi.

   Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan dalam mengundang secara resmi.



Mengeksplorasi

   Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh undangan yang lain  dari berbagai sumber

   Siswa



Mengasosiasi

  Siswa menganalisis berbagai macam undangan terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.

  Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan yang mereka temukan dari sumber lain.

  Siswa menyunting undang yang diambil dari berbagai sumber

  Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang di sampaikan dalam kerja kelompok



Mengkomunikasikan

  Siswa melengkapi  teks undangan resmi dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.

  Siswa berkreasi dalam membuat kliping undangan resmi

  Siswa menyunting undang yang diambil dari berbagai sumber

  Dengan menggunakan multimedia, siswa membuat kartu undangan

  Siswa memperoleh penguatan dari guru dan teman sejawat
Kriteria penilaian:

Pencapaian fungsi sosial

Kelengkapan dan keruntutan struktur teks

Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan

Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Cara Penilaian:

Unjuk kerja

   Melakukan role-play (bermain peran) mengundang secara resmi

   Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  menyampaikan undangan secara resmi



Pengamatan (observations

Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.

Sasaran penilaian adalah:

Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi

Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.

  Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks berisi undangan resmi

Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca

Portofolio

  Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog.

  Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks undangan resmi berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi

   Kumpulan hasil tes dan latihan.

Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat

Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain
3 x 2 JP
   Berbagai undangan dalam bahasa Inggris

   CD/ Audio/ VCD

   Koran/ majalah berbahasa Inggris

   Sumber dari internet:


 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional  yang diwujudkan dalam semangat belajar 

2.3. Menunjukkankan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan konteks penggunaannya 

4.7  Menangkap makna teks surat pribadi.

4.8   Menyusun teks surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

     
Surat pribadi sederhana

Fungsi Sosial

Menjalin hubungan dengan bertegur sapa dan memberi kabar pribadi kepada teman secara  tertulis

Memberi informasi kepada teman

Struktur

Date

Salutation: Dear ....

Opening paragraph: Greetings dan mengabarkan keadaan sekarang dan apa yang sedang dilakukan

Content: Mengabarkan hal yang sudah/ akan terjadit

Closing: Menutup surat dengan harapan untuk bertemu kembali

Signature

Unsur kebahasaan:

  Kata dan tata bahasa baku

  Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan

Rujukan kata

 simple present, simple past, ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata, tanda baca, dan tulisan tangan yang jelas dan rapi


Mengamati

   Siswa memperhatikan berbagai surat pribadi yang digunakan guru dari berbagai sumber (a.l. media massa, internet).

   Siswa membacakan contoh-contoh surat pribadi tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.

   Siswa menyalin contoh-contoh tersebut sesuai dengan aslinya agar menangkap isi, format dan tata letak penulisan.

   Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci



Mempertanyakan (questioning)

   Dengan pertanyaan pengarahan dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan

   Fungsi Sosial;

   Struktur

   Unsur kebahasaan yang digunakan dalam surat pribadi.

     Siswa mempertanyakan cara menetukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi tertentu



Mengeksplorasi

   Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh surat pribadi  yang lain  dari berbagai sumber

     Siswa berdiskusi menentukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi tertentu

   Siswa menyusun paragraph-paragraf pendek menjadi surat pribadi.



Mengasosiasi

   Siswa menganalisis berbagai macam surat pribadi terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.



   Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam surat pribadi



Komunikasi

   Siswa melengkapi  surat pribadi sederhana dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.

   Siswa berkreasi dalam menuliskan surat pribadi kepada teman/ guru

   Siswa memperoleh penguatan dari guru
Kriteria penilaian:

Tingkat ketercapaian  fungsi sosial dalam menyampaikan surat pribadi

Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks surat

Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ejaan, dan tulisan tangan

Kesesuaian format penulisan/ penyampaian



Cara Penilaian:

Pengamatan (observasi)

  Upaya menggunakan Bahasa Inggris dalam menulis surat pribadi

  Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan

  Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi

   Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca



Portofolio

  Kumpulan catatan kemajuan belajar

  Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan  surat pribadi,  berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi

   Kumpulan hasil tes dan latihan.

   Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
4 x 2 JP


   CD/ Audio/ VCD

   Koran/ majalah berbahasa Inggris

   Sumber dari internet:


1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.3 Mengembangkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional

3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.9 Menangkap makna teks prosedur, lisan dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).

4.10 Menyunting teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.




teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat (tips)

Tujuan komunikasi :

menyelesaikan pekerjaan, secara lengkap dan urut.

Struktur

menyebutkan bahan/bagian dari benda yang dipaparkan secara lengkap, serta daftar langkah yang dilakukan

Unsur Kebahasaan

   simple present tense

   imperative,

   Nomor yang menyatakan urutan

   kata keterangan

   ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata, tanda baca, tulisan tangan yang jelas dan rapi.
Mengamati

    Siswa membaca/ membacakan/ mendengarkan berbagai macam manual dan tip.

    Siswa mengamati tujuan komunikasi, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur yang membaca, membacakan, menonton, dan mendengarkan

Mempertanyakan

    Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan tujuan komunikasi, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur

Mengeksplorasi

    Siswa berlatih menggunakan kalimat imperative dalam memberikan tip secara lisan dan tulis

    Siswa membacakan manual dan tip  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat

    Secara individu siswa menyalin beberapa tips

Mengasosiasi

    Siswa membandingkan beberapa manual dan tips

    Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membahas tentang masalah yang dihadapi pada saat membaca, mendengarkan,  dan menuliskan manual dan tips dengan fokus pada tujuan komunikasi, struktur, dan unsur kebahasaan.

    Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang disampaikan dalam kerja kelompok.

Mengkomunikasikan

    Siswa mempresentasikan beberapa tips yang disalin dari beberapa sumber

    Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)


Kriteria penilaian:

  Pencapaian fungsi sosial

   Kelengkapan dan keruntutan struktur teks prosedur

   Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan

   Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Pengamatan (observations) Tujuan untuk memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:

   Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi

   Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan

Portofolio

  Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks prosedur berbentuk manual dan tips

  Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penyuntingan teks prosedur.

   Kumpulan hasil tes dan latihan.

Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat

Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain
4 x 2 JP
   Manual dari berbagai produk

   CD/ Audio/ VCD

   Koran/ majalah berbahasa Inggris

   Sumber dari internet:


1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.2  Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

3.7  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.11 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya

(Passive Voice)

Fungsi Sosial

menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya

Struktur Teks

Insects are considered dangerous animals.

Tsunami is caused by earthquake affecting the seabed.

Unsur kebahasaan

   Kata kerja be (is/ am/ are/ was/ were) dan verb 3rd form.

    tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

Topik

Berbagai hal terkait dengan kejadian/ kegiatan/ tindakan ilmiah yang tanpa perlu melibatkan pelakunya














Mengamati

   Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat Passive, dalam berbagai konteks.

   Siswa mengikuti interaksi tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.

   Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan struktur Passive

   Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan kalimat Passive (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

Mempertanyakan

Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai kalimat Passive yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

 Eksperimen (Explore)

a.  Siswa bertanya jawab dengan kalimat Passive dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi dan kegiatan lain yang terstruktur.

b.  Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan dalam bentuk passive  dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.

Mengasosiasi

   Siswa membandingkan kalimat  passive yang telah dipelajari dengan kalimat aktive.

   Siswa membandingkan antara kalimat passive dalam bahasa Inggris dengan bahasa ibu atau bahasa Indonesia.

Komunikasi

   Siswa bertanya jawab dengan kalimat passive dalam bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.

   Siswa berkreasi dengan tulisan ilmiah mereka dengan kalimat passive

   Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan kalimat passive dalam jurnal belajarnya.
Kriteria penilaian:

     Pencapaian fungsi sosial

Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan

Kelengkapan dan keruntutan struktur teks

Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Cara Penilaian:

Pengamatan (observations): 

Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.

Sasaran penilaian adalah:

   Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi

    Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks dalam bentuk passive

   Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan

Portofolio

  Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar

  Kumpulan hasil tes dan latihan.

   Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
3 x 2 JP
   CD/ Audio/ VCD

   Koran/ majalah berbahasa Inggris

   Sumber dari internet:


1.1   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.2   Mengembangkanperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

3.8  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.12 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


Pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang

Conditional Sentence

Fungsi Sosial

Menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang

Struktur Teks

If teenagers eat too much fast food, they can easily become overweight.

If you excercise regularly, you will get the benefit physically and mentally

Unsur Kebahasaan

If Clauses dalam simple present

Main Clause dengan modals can/ will

Topik:

   Berbagai hal terkait dengan mengandaikan keadaan/ kejadian/ peristiwa diwaktu yang akan datang
Mengamati

   Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat pengandaian, dalam berbagai konteks.

   Siswa mengikuti interaksi tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang  selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.

   Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan pengandaian.

   Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan pengandaian (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

Mempertanyakan

Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai pengandaian yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

 Mengeksplorasi

Siswa menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

Siswa berusaha menyatakan dan menanyakantentang  pengandaian jika terjadi suatu keadaan/ kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang dalam bahasa Inggris selama proses pembelajaran.

Mengasosiasi

    Siswa membandingkan ungkapan pengandaian yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.

   Siswa membandingkan antara ungkapan pengandaian dalam bahasa Inggris dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.

Mengkomunikasikan

   Siswa menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.

   Siswa berkreasi dengan imajinasi mereka dalam teks pengandaian

   Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan pengandaian dalam bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian dalam jurnal belajarnya.
Kriteria penilaian:

     Pencapaian fungsi sosial

Kelengkapan dan keruntutan struktur teks

Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan

 Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Cara Penilaian:

Pengamatan (observations): 

Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.

Sasaran penilaian adalah:

   Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi

    Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks dalam bentuk pengandaian/ If clause

   Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan

Portofolio

  Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar

  Kumpulan hasil tes dan latihan.

  Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya.
2 x 2 JP
   CD/ Audio/ VCD

   Koran/ majalah berbahasa Inggris

   Sumber dari internet:




1.1   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.3   Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional

3.9   Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks ilmiah faktual (factual report ) dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI

4.13 Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.

 


Teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis sederhana tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam,

Fungsi sosial

   Mengamati alam

   Menulis  paparan ilmiah mengenai benda,binatang dan gejal/ peristiwa alam 

Struktur

   Klasifikasi  Umum tentang binatang/ benda yang ditulis, e.g.

        Slow loris is a  mammal. It is found in ... It is a nocturnal animal. It is very small with ....

   Penggambaran mengenai bagian, sifat dan tingkah lakunya

Unsur kebahasaan

   Simple Present

   Kata kerja yang menggambarkan binatang/ benda/ gejala alam

   Kata sifat

   Berbagai kata benda terkait dengan benda/ binatang/ gejala alam yang diamati

   ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

   Rujukan kata
Mengamati

  Siswa menyimak berbagai contoh/ film ilmiah pendek yang disediakan

  Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan teks ilmiah faktual

Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi tertentu

Mempertanyakan (questioning)

  Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam paparan tersebut.

  Siswa mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi rinci dari teks faktual report.

 Mengeksplorasi

Siswa mendengarkan/ membaca/membacakan teks ilmiah faktual dengan membandingkan berbagai teks report dengan memperhatikan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.

Mengasosiasi

  Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis struktur dan unsur bahasa yang ada dalam beberapa teks report.

  Siswa mengelompokkan struktur, fungsi sosial dan unsur kebahasaan teks berdasarkan penggunaannya.

  Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan  teman tentang hasil analis  tentang fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks berita yang disampaikan dalam kerja kelompok

Komunikasi

Siswa menyalin teks report yang didapatkannya  tentang benda, binatang dan gejala alam atau peristiwa lain yang terkait dengan mata pelajaran lain dan  membacakannya di kelas

Siswa menyampaikan laporan berupa catatan (note taking) dari hasil membaca beberapa teks ilmiah faktual.

Membuat learning journal dalam pembelajaran ini.

Pada saat yang sama, antar siswa melakukan penilaian sejawat, tentang teks report yang dihasilkan
Kriteria penilaian:

     Pencapaian fungsi sosial

Kelengkapan dan keruntutan struktur teks ilmiah faktual

Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan

Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Pengamatan (observations):

Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.

Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi

Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks ilmiah faktual

Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan

Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca

Portofolio

  Kumpulan catatan kemajuan belajar

  Kumpulan hasil tes dan latihan.

   Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya

Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat

Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain


4 x 2 JP
   CD/ Audio/ VCD

   Koran/ majalah berbahasa Inggris

   Sumber dari internet:


1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional

3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.14 Menangkap makna dalam teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum




Teks eksposisi analitis

Fungsi Sosial

   Menyatakan pendapat tentang topik yang hangat dibicarakan secara bertanggung jawab

Struktur teks

a.  Menyebutkan pokok permasalahan terhadap sesuatu yang hangat dibicarakan

b.  Menyebutkan pandangan / pendapat mengenai hal tersebut beserta ilustrasi sebagai  pendukung

c.  Diakhiri dengan kesimpulan yang menyatakan kembali pendapat terhadap hal tersebut

Unsur Kebahasaan:

Kalimat Simple Present

Conditional Clauses

Modals
Mengamati

    Siswa menyimak berbagai contoh teks eksposisi analisis  yang diberikan/ diperdengarkan guru 

    Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya

    Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks eksposisi analitis

Mempertanyakan (questioning)

    Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks eksposisi yang ada dalam bahasa Inggris, Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu

Mengeksplorasi

    Siswa mencari beberapa text eksposisi analitis dari berbagai sumber.

   Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu

    Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks eksposisi analitis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut

    Siswa membacakan teks eksposisi kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat



Mengasosiasi

    Secara berpasangan siswa  menganalisis beberapa teks eksposisi dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan

    Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.

Mengkomunikasikan

    Siswa membuat laporan berupa catatan hasil membaca dan mendengarkan

    Berkelompok, siswa bertukar cerita tentang teks eksposisi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.

    Siswa mempresentasikannya di kelas

    Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman masing-masing dalam mencari  teks eksposisi selama proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami.

   Siswa membuat ‘learning journal’
Kriteria penilaian:

     Pencapaian fungsi sosial

Kelengkapan dan keruntutan struktur teks eksposisi analitis

Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan

Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Pengamatan (observations):

Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:

   Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi

  Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks eksposisi analitis

   Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan

   Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca

Portofolio

  Kumpulan catatan kemajuan belajar

  Kumpulan hasil tes dan latihan.

   Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya

Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat

Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain




4 x 2 JP
   CD/ Audio/ VCD

   Koran/ majalah berbahasa Inggris

   Sumber dari internet:


1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.3  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional

3.11 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.15 Menangkap makna teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal

     
Teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal

Fungsi Sosial

Meneladani,    membanggakan,  bertindak teratur, teliti dan disiplin, melaporkan

Struktur

a.  Menyebutkan tindakan/ peristiwa/kejadian secara umum

b.  Menyebutkan urutan tindakan/ kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut

c.  Jika perlu, ada kesimpulan umum.



Unsur Kebahasaan

Kata-kata terkait dengan perjuangan hidup, profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak dibicarakan.

Simple, Continuous, Perfect tense

Penyebutan kata benda

Modal auxiliary verbs
Mengamati

    Siswa menyimak berbagai contoh teks biografi  yang diberikan/ diperdengarkan guru  secara  santun dan tanggung jawab.

    Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya

    Siswa mengamati keteladanan dari teks biografi yang dipelajari.

    Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks legenda

Mempertanyakan (questioning)

    Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks biografi yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.

    Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu

Mengeksplorasi

   Siswa mencari beberapa text biografi  dari berbagai sumber.

   Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu

   Siswa melengkapi rumpang dari beeberapa teks biografi sederhana

    Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks biografi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut

    Siswa membacakan teksbiografit kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat

Mengasosiasi

    Secara berpasangan siswa  menganalisis beberapa teks biografi dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan

    Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.

Mengkomunikasikan

    Siswa menceritakan kembali teks biografi sederhana tentang keteladanan dari  tokoh terkenal dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.

    Siswa membuat kliping  teks  biografi dengan menyalin dan beberapa sumber.

    Membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman masing-masing dalam mencari  teks  biografi selama proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami.

    Siswa membuat ‘learning journal’
Kriteria penilaian:

     Pencapaian fungsi sosial

Kelengkapan dan keruntutan struktur teks

Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan

   Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Pengamatan (observations):

Sasaran penilaian adalah:

   Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi

  Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks biografi

   Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan

   Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca

Portofolio

  Kumpulan catatan kemajuan belajar

  Kumpulan hasil tes dan latihan.

   Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya

Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat

Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain.




4 x 2 JP


   CD/ Audio/ VCD

   Koran/ majalah berbahasa Inggris

   Sumber dari internet:




1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar

2.2  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanaka n komunikasi fungsional

3.12 Menyebutkan  fungsi sosial dan kebahassaan dalam lagu

 4.16 Menangkap pesan dalam lagu

 


Lagu

Fungsi sosial

 Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral

Unsur kebahasaan

Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.

Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan

Topik

    Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.


Mengamati

    Siswa mendengarkan lagu yang diperdengarkan

    Siswa menirukan model secara terbimbing.

    Siswa mempertanyakan cara menemukan informasi rinci dan kesimpulan dari lagu tersebut

Mempertanyakan (questioning)

    Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk mempertanyakan pesan yang disampaikan dari lagu

    Siswa mempertanyakan cara menemukan informasi rinci dan kesimpulan dari lagu tersebut

Mengeksplorasi

     Siswa melengkapi rumpang pada lagu tersebut dengan ungkapan yang benar sesuai dengan model yang dipelajari

     Siswa membacakan teks lagu dengan pengucapan dan tekanan kata yang tepat

     Siswa berdiskusi tentang pesan lagu yang didengar

Mengasosiasi

    Secara individu siswa membandingkan pesan yang terdapat dalam beberapa lagu yang dibaca/didengar

    Siswa membuat kumpulan lagu- lagu yang bertema perdamaian dengan menyalin

    Siswa mengaitkan syair lagu dengan ungkapan yang sudah dipelajari

Mengkomunikasikan

     Siswa mendemonstrasikan kemahiran mereka menyanyikan lagu tersebut dengan pengucapan dan tekanan kata yang benar.

    Siswa melaporkan  kumpulan lagu yang sudah dianalis pesan di dalam lugu-lagu tersebut

    Antar siswa melakukan penilaian terhadap kumpulan lagu yang dibuat.
Pengamatan (observations): 

Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian adalah:

   kesantunan saat melakukan tindakan

   Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damai

   Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan

   Ketepatan dan kesesuaian dalam pengucapan dan penyalinan lirik lagu

Portofolio

   Kumpulan kemajuan siswa berupa kumpulan lagu yang disalin dengan tulisan tangan beserta kesan terhadap lagu

   kumpulan hasil tes dan latihan.

   Catatan atau rekaman penilaian diri dan

    penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya




2 x 2 JP
   CD/ Audio/ VCD

   Koran/Majalah berbahasa Inggris

   Buku lagu bahasa Inggris

   Sumber dari internet:



0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates