Kelas : XI
Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
interpersonal dengan guru dan teman.
3.1
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
Teks
lisan dan tulis untuk memberi saran dan tawaran dan responnya
Fungsi Sosial
● Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
● Terbiasa
menggunakan ungkapan memberi saran dan tawaran dan meresponnya
Ungkapan
Saran dan tawaran:
Why
don’t you…
What about …?
You should …
You can ….
Do you need ….?
Unsur kebahasaan
1.
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
2.
Rujukan kata
Topik
Keteladanan
tentang perilaku peduli, kerjasama, dan proaktif
|
Mengamati
● Siswa menyimak/
mendengarkan ungkapan memberi
saran dan tawaran dan responnya dengan
(ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan) yang tepat, serta sikap santun
dan peduli.
● Siswa mencoba menirukan
pengucapannya dan menuliskan ungkapan
yang digunakan.
● Siswa
belajar mengambil giliran dalam melakukan tindak komunikasi
Mempertanyakan (questioning)
●
Dengan pertanyaan pengarah dari guru,
siswa mempertanyakan:
●
Fungsi sosial
●
Ungkapan yang digunakan untuk memberi
saran dan tawaran
●
Penggunaan unsur kebahasaan dari
tindakan komunikatif memberi saran dan
tawaran dan responnya.
Mengeksplorasi
●
Siswa secara mandiri mencari pengetahuan
tambahan tentang tujuan, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam ungkapan memberi dan dan tawaran dan meresponnya
●
Siswa berlatih menggunakan ungkapan
tersebut
●
Siswa berlatih mengambil giliran dan
menggunakan kesantunan dalam berkomunikasi
Mengasosiasi
● Siswa menganalisis
ungkapan untuk
menyatakan, memberi, dan menerima saran dan tawaran dengan mengelompokannya
berdasarkan penggunaan.
●
Dalam
kerja kelompok terbimbing, siswa membandingkan ungkapan memberi saran dan
tawaran dan responnya yang lain dan mengaitkan dengan berbagai ekspresi yang
mungkin digunakan, sesuai konteks penggunaannya.
● Siswa memperoleh balikan
(feedback) dari guru dan teman
tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
● Siswa membandingkan cara
mengambil giliran dan merespon dengan yang diperoleh dari sumber lain
Mengkomunikasikan
● Siswa bermain peran memberi saran dan tawaran serta
responnya
●
Siswa
menggunakan ungkapan-ungkapan memberi saran dan tawaran dalam konteks
komunikasi yang wajar di dalam dan di luar kelas,dalam bentuk
percakapan/simulasi dengan
memperhatikanfungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan serta strategi
yang benar dan sesuai dengan konteks.
● Siswa membuat ‘learning
journal’
|
Kriteria
Penilaian:
● Tingkat ketercapaian
fungsi sosial memberi saran dan
tawaran dan responnya
● Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teks memberi saran
dan tawaran dan responnya
● Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
●
Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara
Penilaian:
Unjuk kerja
● Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang
berisi pernyataan dan pertanyaan tentang memberi saran dan tawaran dan responnya .
● Ketepatan menggunakan struktur
dan unsur kebahasaan dalam memberi
saran dan tawaran serta responnya
Pengamatan
(observations):
●
Upaya menggunakan bahasa Inggris
untuk memberi saran dan tawaran dan responnya ketika
muncul kesempatan.
●
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran
di setiap tahapan.
●
Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
|
2 x 2jp
|
●
CD/ Audio/ VCD
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
●
Sumber dari internet:
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International
2.2.
Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.2. Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan
pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan
dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat dan
pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan pendapat dan
pikiran serta responnya
Fungsi
Sosial
● Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Ungkapan
menyatakan
pendapat/pikiran
I think …
I suppose...
In my opinion
…
Unsur Kebahasaan
Ucapan, tekanan kata,
intonasi
|
Mengamati
● Siswa
mendengarkan/menonton interaksi menyatakan pendapat dan pikiran
serta responnya
● Siswa mengikuti interaksi
menyatakan pendapat dan pikiran
● Siswa menirukan model interaksi
menyatakan pendapat dan pikiran
● Dengan bimbingan dan
arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan
pendapat dan pikiran (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
Mempertanyakan
(questioning)
● Dengan bimbingan dan
arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai
ungkapan menyatakan pendapat dan
pikiran dalam bahasa Inggris,
perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa
menyatakan pendapat dan pikiran dengan
bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
● Siswa membandingkan
ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran yang telah dipelajari dengan yang
ada di berbagai sumber lain.
● Siswa membandingkan
antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
● Siswa menyatakan pikiran
dan pendapat dengan bahasa Inggris, di
dalam dan di luar kelas.
● Siswa menuliskan
permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pendapat dan
pikiran dalam jurnal belajar (learning
journal).
|
Kriteria
Penilaian:
● Tingkat ketercapaian
fungsi social ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
● Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teks ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
● Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
● Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara
Penilaian:
Unjuk kerja
●
Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan
pertanyaan tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
●
Ketepatan menggunakan struktur dan unsur
kebahasaan dalam menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
Pengamatan
(observations):
●
Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk
menyatakan dan menanyakan pendapat atau pikiran ketika muncul kesempatan.
●
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran di setiap tahapan.
●
Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
●
Berperilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
|
2
x 2 JP
|
●
CD/ Audio/ VCD
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
●
Sumber dari internet:
|
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International
2.1.Mengembangkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.3
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan harapan dan doa bersayap (extended),
sesuai dengan konteks penggunaannya
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan merespon ungkapan harapan dan doa, bersayap (extended) dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan harapan dan doa serta responnya
Fungsi
sosial:
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru,
teman, dan orang lain
Ungkapan:
harapan
dan doa
●
I hope …
●
I wish you all the best. Thank you.
Unsur
kebahasaan:
Ucapan, tekanan kata, intonasi
|
Mengamati
● Siswa
mendengarkan/menonton interaksi ungkapan harapan dan doa
● Siswa mengikuti interaksi
harapan dan doa
● Siswa menirukan model
interaksi harapan dan doa
● Dengan bimbingan dan
arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi harapan dan doa.
(fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
(questioning)
Dengan bimbingan dan
arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai
ungkapan harapan dan doa dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa
menyatakan harapan dan doa dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
●
Siswa membandingkan ungkapan harapan dan
doa yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
●
Siswa membandingkan antara ungkapan
dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
●
Siswa menyatakan harapan dan doa dalam
bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
●
Siswa menuliskan permasalahan penggunaan
ungkapan harapan dan doa dalam bahasa
Inggris dalam jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria
Penilaian:
● Tingkat ketercapaian
fungsi social ungkapan menyatakan harapan dan doa
● Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teks ungkapan menyatakan harapan dan doa bersayap
● Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
● Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara
Penilaian:
Unjuk kerja
●
Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan
pertanyaan tentang ungkapan menyatakan harapan dan doa bersayap
●
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam
menyatakan harapan dan doa serta responnya.
Pengamatan
(observations):
●
Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk
menyatakan harapan dan doa ketika muncul kesempatan.
●
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran di setiap tahapan.
●
Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
|
2
x 2 JP
|
●
CD/ Audio/ VCD
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
●
Sumber dari internet:
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.3
Menunjukkankan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.4 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai
dengan konteks penggunaannya
4.4
Menangkap makna teks undangan resmi.
4.5
Menyunting undangan resmi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun teks tulis undangan resmi,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
|
Teks khusus, lisan dan
tulis, berbentuk undangan resmi sederhana
Fungsi Sosial
Menjagahubungan
transaksional dengan orang lain
Struktur
Salutation
●
Will/ Couid you come
with me to the exhibition?
● Is
it possible for you to attend my birthday partyr?
Closing
Unsur
kebahasaan:
1.
Kata dan tata bahasa baku
2.
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang
jelas dan rapi.
3.
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan
4.
Layout
5.
Rujukan kata
|
Mengamati
●
Siswa
mendengarkan berbagai ungkapan yang digunakan guru dalam mengundang secara
resmi dari berbagai sumber (a.l. media massa, internet).
●
Siswa
berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci
●
Siswa
membacakan contoh-contoh teks mengundang tersebut dengan ucapan, intonasi,
tekanan kata, dengan benar dan lancar.
●
Siswa
menyalin contoh-contoh teks undangan resmi sesuai dengan aslinya agar
menangkap isi, format dan tata letak penulisan.
Mempertanyakan (questioning)
●
Dengan
pertanyaan pengarah dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan;
struktur dan kebahasaan yang digunakan dalam mengundang secara resmi.
●
Siswa
memperoleh pengetahuan tambahan tentang tujuan, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dalam mengundang secara resmi.
Mengeksplorasi
●
Siswa
secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh undangan yang lain dari berbagai sumber
●
Siswa
Mengasosiasi
●
Siswa
menganalisis berbagai macam undangan terkait dengan tujuan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.
● Secara berkelompok siswa
mendiskusikan ungkapan yang mereka temukan dari sumber lain.
● Siswa menyunting undang yang diambil
dari berbagai sumber
●
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang di sampaikan dalam kerja kelompok
Mengkomunikasikan
●
Siswa
melengkapi teks undangan resmi dan
menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
●
Siswa
berkreasi dalam membuat kliping undangan resmi
●
Siswa
menyunting undang yang diambil dari berbagai sumber
●
Dengan
menggunakan multimedia, siswa membuat kartu undangan
● Siswa memperoleh penguatan dari guru dan
teman sejawat
|
Kriteria
penilaian:
● Pencapaian fungsi sosial
● Kelengkapan dan
keruntutan struktur teks
● Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
dan tulisan tangan
● Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
●
Melakukan
role-play (bermain peran) mengundang secara resmi
●
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam
menyampaikan undangan secara resmi
Pengamatan
(observations
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran
penilaian adalah:
● Perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
● Kesungguhan siswa dalam
proses pembelajaran di setiap tahapan.
● Ketepatan dan kesesuaian
dalam menyampaikan dan menulis teks berisi undangan resmi
● Ketepatan dan kesesuaian
menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
● Kumpulan catatan kemajuan
belajar berupa catatan atau rekaman monolog.
● Kumpulan karya siswa yang
mendukung proses penulisan teks undangan resmi berupa: draft, revisi, editing
sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
●
Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan
Penilaian Sejawat
Bentuk:
diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau bentuk penilaian lain
|
3
x 2 JP
|
●
Berbagai undangan dalam bahasa Inggris
●
CD/ Audio/ VCD
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
●
Sumber dari internet:
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3. Menunjukkankan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.7
Menangkap makna teks surat pribadi.
4.8
Menyusun teks surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Surat pribadi sederhana
Fungsi Sosial
Menjalin
hubungan dengan bertegur sapa dan memberi kabar pribadi kepada teman
secara tertulis
Memberi
informasi kepada teman
Struktur
Date
Salutation: Dear ....
Opening paragraph:
Greetings dan mengabarkan keadaan sekarang dan apa yang sedang dilakukan
Content: Mengabarkan hal yang sudah/ akan
terjadit
Closing: Menutup surat dengan harapan untuk
bertemu kembali
Signature
Unsur kebahasaan:
●
Kata dan tata bahasa baku
●
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang
jelas dan rapi.
●
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan
●
Rujukan kata
●
simple present, simple past, ejaan, ucapan,
intonasi, tekanan kata, tanda baca, dan tulisan tangan yang jelas dan rapi
|
Mengamati
●
Siswa
memperhatikan berbagai surat pribadi yang digunakan guru dari berbagai sumber
(a.l. media massa, internet).
●
Siswa
membacakan contoh-contoh surat pribadi tersebut dengan ucapan, intonasi,
tekanan kata, dengan benar dan lancar.
●
Siswa
menyalin contoh-contoh tersebut sesuai dengan aslinya agar menangkap isi,
format dan tata letak penulisan.
●
Siswa
berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci
Mempertanyakan (questioning)
●
Dengan
pertanyaan pengarahan dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan
●
Fungsi
Sosial;
●
Struktur
●
Unsur
kebahasaan yang digunakan dalam surat pribadi.
●
Siswa mempertanyakan cara menetukan gagasan utama, dan informasi rinci dan
informasi tertentu
Mengeksplorasi
●
Siswa
secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh surat pribadi yang lain
dari berbagai sumber
●
Siswa
berdiskusi menentukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi
tertentu
●
Siswa
menyusun paragraph-paragraf pendek menjadi surat pribadi.
Mengasosiasi
●
Siswa
menganalisis berbagai macam surat pribadi terkait dengan tujuan, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci,
efektivitasnya.
●
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang
fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam surat pribadi
Komunikasi
●
Siswa
melengkapi surat pribadi sederhana dan
menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
●
Siswa
berkreasi dalam menuliskan surat pribadi kepada teman/ guru
●
Siswa
memperoleh penguatan dari guru
|
Kriteria penilaian:
● Tingkat ketercapaian fungsi sosial dalam menyampaikan surat pribadi
● Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teks surat
● Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ejaan, dan tulisan tangan
●
Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observasi)
● Upaya menggunakan Bahasa
Inggris dalam menulis surat pribadi
● Kesungguhan siswa dalam
proses pembelajaran dalam setiap tahapan
● Perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
●
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
strategi dalam membaca
Portofolio
● Kumpulan catatan kemajuan
belajar
● Kumpulan karya siswa yang
mendukung proses penulisan surat
pribadi, berupa: draft, revisi, editing sampai hasil
terbaik untuk dipublikasi
●
Kumpulan hasil tes dan latihan.
●
Catatan atau rekaman penilaian diri dan
penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
|
4
x 2 JP
|
●
CD/ Audio/ VCD
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
●
Sumber dari internet:
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Mengembangkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional
3.6 Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat
(tips), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.9 Menangkap makna teks prosedur, lisan
dan tulis, berbentuk manual dan kiat-kiat (tips).
4.10 Menyunting teks prosedur berbentuk
manual dan kiat-kiat (tips), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
teks prosedur berbentuk manual dan
kiat-kiat (tips)
Tujuan
komunikasi :
menyelesaikan pekerjaan,
secara lengkap dan urut.
Struktur
menyebutkan bahan/bagian
dari benda yang dipaparkan secara lengkap, serta daftar langkah yang
dilakukan
Unsur Kebahasaan
●
simple present tense
●
imperative,
●
Nomor yang menyatakan urutan
●
kata keterangan
●
ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata,
tanda baca, tulisan tangan yang jelas dan rapi.
|
Mengamati
●
Siswa membaca/ membacakan/ mendengarkan
berbagai macam manual dan tip.
●
Siswa mengamati tujuan komunikasi,
struktur, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur yang membaca, membacakan,
menonton, dan mendengarkan
Mempertanyakan
●
Dengan pertanyaan pengarah dari guru,
siswa mempertanyakan tujuan komunikasi, struktur, dan unsur kebahasaan dari
teks prosedur
Mengeksplorasi
●
Siswa berlatih menggunakan kalimat
imperative dalam memberikan tip secara lisan dan tulis
●
Siswa membacakan manual dan tip kepada teman dengan menggunakan unsur
kebahasaan yang tepat
● Secara
individu siswa menyalin beberapa tips
Mengasosiasi
●
Siswa membandingkan beberapa manual dan
tips
●
Dalam kerja kelompok terbimbing siswa
membahas tentang masalah yang dihadapi pada saat membaca, mendengarkan, dan menuliskan manual dan tips dengan fokus
pada tujuan komunikasi, struktur, dan unsur kebahasaan.
● Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang setiap permasalahan yang disampaikan dalam kerja
kelompok.
Mengkomunikasikan
●
Siswa mempresentasikan beberapa tips
yang disalin dari beberapa sumber
● Siswa
membuat jurnal belajar (learning
journal)
|
Kriteria
penilaian:
●
Pencapaian fungsi sosial
●
Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
prosedur
●
Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
●
Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Pengamatan (observations) Tujuan untuk memberi
balikan. Sasaran penilaian adalah:
●
Perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
●
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
● Kumpulan catatan kemajuan
belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks prosedur berbentuk manual
dan tips
● Kumpulan karya siswa yang
mendukung proses penyuntingan teks prosedur.
●
Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan
Penilaian Sejawat
Bentuk:
diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau bentuk penilaian lain
|
4
x 2 JP
|
●
Manual
dari berbagai produk
●
CD/ Audio/ VCD
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
●
Sumber dari internet:
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2
Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.7
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
Tindakan/kegiatan/kejadian
tanpa perlu menyebutkan pelakunya
(Passive Voice)
Fungsi Sosial
menyatakan
dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya
Struktur Teks
Insects
are considered dangerous animals.
Tsunami
is caused
by earthquake affecting the seabed.
Unsur kebahasaan
●
Kata kerja be (is/ am/
are/ was/ were)
dan verb 3rd form.
●
tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai
hal terkait dengan kejadian/ kegiatan/ tindakan ilmiah yang tanpa perlu
melibatkan pelakunya
|
Mengamati
●
Siswa mendengarkan dan membaca banyak
kalimat Passive, dalam berbagai konteks.
●
Siswa mengikuti interaksi tentang
tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya selama proses
pembelajaran, dengan bimbingan guru.
●
Siswa menirukan contoh-contoh kalimat
yang menyatakan dan menanyakan struktur Passive
●
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan kalimat
Passive (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
berbagai kalimat Passive yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan
dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
Eksperimen
(Explore)
a. Siswa bertanya jawab
dengan kalimat Passive dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi dan kegiatan lain yang
terstruktur.
b. Siswa berusaha menyatakan
dan menanyakan dalam bentuk passive
dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran.
Mengasosiasi
●
Siswa membandingkan kalimat passive yang telah dipelajari dengan
kalimat aktive.
●
Siswa membandingkan antara kalimat
passive dalam bahasa Inggris dengan bahasa ibu atau bahasa Indonesia.
Komunikasi
●
Siswa bertanya jawab dengan kalimat
passive dalam bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
●
Siswa berkreasi dengan tulisan ilmiah
mereka dengan kalimat passive
●
Siswa menuliskan permasalahan dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan kalimat passive
dalam jurnal belajarnya.
|
Kriteria
penilaian:
●
Pencapaian fungsi sosial
● Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
dan tulisan tangan
● Kelengkapan dan
keruntutan struktur teks
● Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan
(observations):
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran
penilaian adalah:
●
Perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
●
Ketepatan dan kesesuaian dalam
menyampaikan dan menulis teks dalam bentuk passive
●
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran
di setiap tahapan
Portofolio
● Kumpulan karya siswa yang
mencerminkan hasil atau capaian belajar
● Kumpulan hasil tes dan
latihan.
●
Catatan penilaian diri dan penilaian
sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
|
3
x 2 JP
|
●
CD/ Audio/ VCD
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
●
Sumber dari internet:
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2
Mengembangkanperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.8
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.12 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
Pengandaian jika terjadi
suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang
Conditional Sentence
Fungsi
Sosial
Menyatakan
dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang
Struktur
Teks
● If teenagers eat too much fast food, they can easily become overweight.
●
If you excercise regularly, you will get the benefit physically and mentally
Unsur Kebahasaan
●
If Clauses dalam simple present
●
Main Clause dengan modals can/ will
Topik:
Berbagai hal terkait dengan mengandaikan keadaan/ kejadian/ peristiwa
diwaktu yang akan datang
|
Mengamati
●
Siswa mendengarkan dan membaca banyak
kalimat pengandaian, dalam berbagai konteks.
●
Siswa mengikuti interaksi tentang
pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan
datang selama proses pembelajaran,
dengan bimbingan guru.
●
Siswa menirukan contoh-contoh kalimat
yang menyatakan dan menanyakan pengandaian.
●
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyatakan dan menanyakan pengandaian
(fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar
berbagai pengandaian yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
● Siswa menyatakan dan
menanyakan pengandaian dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
● Siswa berusaha menyatakan
dan menanyakantentang pengandaian jika
terjadi suatu keadaan/ kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang dalam
bahasa Inggris selama proses pembelajaran.
Mengasosiasi
●
Siswa membandingkan ungkapan pengandaian
yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
●
Siswa membandingkan antara ungkapan
pengandaian dalam bahasa Inggris dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu
atau bahasa Indonesia.
Mengkomunikasikan
●
Siswa menyatakan dan menanyakan
pengandaian dalam bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
●
Siswa berkreasi dengan imajinasi mereka
dalam teks pengandaian
●
Siswa menuliskan permasalahan dalam
menggunakan pengandaian dalam bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan
pengandaian dalam jurnal belajarnya.
|
Kriteria
penilaian:
●
Pencapaian fungsi sosial
● Kelengkapan dan
keruntutan struktur teks
● Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
dan tulisan tangan
● Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan
(observations):
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran
penilaian adalah:
●
Perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
●
Ketepatan dan kesesuaian dalam
menyampaikan dan menulis teks dalam bentuk pengandaian/ If clause
●
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
● Kumpulan karya siswa yang
mencerminkan hasil atau capaian belajar
● Kumpulan hasil tes dan
latihan.
● Catatan penilaian diri
dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya.
|
2
x 2 JP
|
●
CD/ Audio/ VCD
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
●
Sumber dari internet:
|
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.9
Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial teks ilmiah faktual (factual
report ) dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual
tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial,
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI
4.13 Menangkap makna dalam teks ilmiah
faktual (factual report), lisan dan
tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam
dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.
|
Teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis sederhana tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa
alam,
Fungsi sosial
●
Mengamati alam
●
Menulis
paparan ilmiah mengenai benda,binatang dan gejal/ peristiwa alam
Struktur
●
Klasifikasi Umum tentang binatang/ benda yang ditulis,
e.g.
Slow loris is a mammal. It is
found in ... It is a nocturnal animal. It is very small with ....
●
Penggambaran mengenai bagian, sifat dan
tingkah lakunya
Unsur kebahasaan
●
Simple Present
●
Kata kerja yang menggambarkan binatang/
benda/ gejala alam
●
Kata sifat
●
Berbagai kata benda terkait dengan
benda/ binatang/ gejala alam yang diamati
●
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
dan cetak yang jelas dan rapi.
●
Rujukan kata
|
Mengamati
● Siswa menyimak berbagai
contoh/ film ilmiah pendek yang disediakan
● Siswa mengamati fungsi
sosial, struktur dan unsur kebahasaan teks ilmiah faktual
●
Siswa
berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi tertentu
Mempertanyakan
(questioning)
● Dengan pertanyaan
pengarah dari guru, siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan, struktur,
dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam paparan tersebut.
● Siswa mempertanyakan cara
menemukan gagasan pokok, informasi rinci dari teks faktual report.
Mengeksplorasi
Siswa
mendengarkan/ membaca/membacakan teks ilmiah faktual dengan membandingkan
berbagai teks report dengan memperhatikan tujuan, struktur, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
Mengasosiasi
● Dalam kerja kelompok
terbimbing siswa menganalisis struktur dan unsur bahasa yang ada dalam
beberapa teks report.
● Siswa mengelompokkan
struktur, fungsi sosial dan unsur kebahasaan teks berdasarkan penggunaannya.
● Siswa memperoleh balikan
(feedback) dari guru dan teman tentang hasil analis tentang fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
dari teks berita yang disampaikan dalam kerja kelompok
Komunikasi
● Siswa menyalin teks report yang
didapatkannya tentang benda, binatang
dan gejala alam atau peristiwa lain yang terkait dengan mata pelajaran lain
dan membacakannya di kelas
● Siswa menyampaikan laporan berupa
catatan (note taking) dari hasil
membaca beberapa teks ilmiah faktual.
● Membuat learning journal dalam
pembelajaran ini.
● Pada saat yang sama,
antar siswa melakukan penilaian sejawat, tentang teks report yang dihasilkan
|
Kriteria
penilaian:
●
Pencapaian fungsi sosial
●
Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
ilmiah faktual
●
Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
● Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Pengamatan
(observations):
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
● Berperilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
●Ketepatan dan kesesuaian dalam
menyampaikan dan menulis teks ilmiah faktual
● Kesungguhan siswa dalam
proses pembelajaran dalam setiap tahapan
● Ketepatan dan kesesuaian
menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
●
Kumpulan catatan kemajuan belajar
● Kumpulan hasil tes dan
latihan.
●
Catatan atau rekaman penilaian diri dan
penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan
Penilaian Sejawat
Bentuk:
diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau bentuk penilaian lain
|
4
x 2 JP
|
●
CD/ Audio/ VCD
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
●
Sumber dari internet:
|
1. Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.10 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis tentang
topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.14 Menangkap makna
dalam teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum
|
Teks eksposisi analitis
Fungsi
Sosial
Menyatakan pendapat tentang topik yang hangat dibicarakan secara
bertanggung jawab
Struktur
teks
a.
Menyebutkan pokok permasalahan terhadap sesuatu yang hangat
dibicarakan
b.
Menyebutkan pandangan / pendapat mengenai hal tersebut beserta
ilustrasi sebagai pendukung
c.
Diakhiri dengan kesimpulan yang menyatakan kembali pendapat terhadap
hal tersebut
Unsur Kebahasaan:
● Kalimat Simple Present
● Conditional Clauses
● Modals
|
Mengamati
●
Siswa menyimak berbagai contoh teks
eksposisi analisis yang diberikan/
diperdengarkan guru
●
Siswa mengamati fungsi sosial, struktur
dan unsur kebahasaannya
●
Siswa belajar menemukan gagasan utama,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks eksposisi analitis
Mempertanyakan
(questioning)
●
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks eksposisi yang ada
dalam bahasa Inggris, Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan
informasi tertentu
Mengeksplorasi
●
Siswa mencari beberapa text eksposisi
analitis dari berbagai sumber.
●
Siswa berlatih menemukan gagasan utama,
informasi rinci dan informasi tertentu
●
Siswa secara berkelompok menuliskan
/menyalin teks eksposisi analitis dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
● Siswa
membacakan teks eksposisi kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan
yang tepat
Mengasosiasi
●
Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks eksposisi dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
● Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
●
Siswa membuat laporan berupa catatan
hasil membaca dan mendengarkan
●
Berkelompok, siswa bertukar cerita
tentang teks eksposisi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur
kebahasaannya.
●
Siswa mempresentasikannya di kelas
●
Membuat laporan evaluasi diri secara
tertulis tentang pengalaman masing-masing dalam mencari teks eksposisi selama proses pembelajaran
di dalam dan di luar kelas, termasuk kendala yang dialami.
●
Siswa membuat ‘learning journal’
|
Kriteria
penilaian:
●
Pencapaian fungsi sosial
●
Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
eksposisi analitis
●
Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
● Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Pengamatan
(observations):
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian adalah:
●
Berperilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
● Ketepatan dan kesesuaian
dalam menyampaikan dan menulis teks eksposisi analitis
●
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
●
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
strategi dalam membaca
Portofolio
●
Kumpulan catatan kemajuan belajar
● Kumpulan hasil tes dan
latihan.
●
Catatan atau rekaman penilaian diri dan
penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan
Penilaian Sejawat
Bentuk:
diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau bentuk penilaian lain
|
4
x 2 JP
|
●
CD/ Audio/ VCD
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
●
Sumber dari internet:
|
1. Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.11 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks biografi pendek dan sederhana
tentang tokoh terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.15 Menangkap makna teks
biografi pendek dan sederhana tentang tokoh terkenal
|
Teks biografi pendek dan sederhana tentang tokoh
terkenal
Fungsi Sosial
Meneladani, membanggakan, bertindak teratur, teliti dan disiplin,
melaporkan
Struktur
a.
Menyebutkan tindakan/ peristiwa/kejadian
secara umum
b.
Menyebutkan urutan tindakan/
kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut
c.
Jika perlu, ada kesimpulan umum.
Unsur Kebahasaan
●
Kata-kata terkait dengan perjuangan
hidup, profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang sedang banyak
dibicarakan.
●
Simple, Continuous, Perfect tense
●
Penyebutan kata benda
● Modal auxiliary verbs
|
Mengamati
●
Siswa menyimak berbagai contoh teks
biografi yang diberikan/
diperdengarkan guru secara santun dan tanggung jawab.
●
Siswa mengamati fungsi sosial, struktur
dan unsur kebahasaannya
●
Siswa mengamati keteladanan dari teks
biografi yang dipelajari.
●
Siswa belajar menemukan gagasan utama,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks legenda
Mempertanyakan
(questioning)
●
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks biografi yang ada
dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada
dalam bahasa Indonesia.
●
Siswa mempertanyakan gagasan utama,
informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
●
Siswa mencari beberapa text
biografi dari berbagai sumber.
●
Siswa berlatih menemukan gagasan utama,
informasi rinci dan informasi tertentu
●
Siswa melengkapi rumpang dari beeberapa
teks biografi sederhana
●
Siswa secara berkelompok menuliskan
/menyalin teks biografi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan
unsur kebahasaan dengan runtut
● Siswa
membacakan teksbiografit kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan
yang tepat
Mengasosiasi
●
Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks biografi dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
● Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
●
Siswa menceritakan kembali teks biografi
sederhana tentang keteladanan dari
tokoh terkenal dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur
kebahasaannya.
●
Siswa membuat kliping teks
biografi dengan menyalin dan beberapa sumber.
●
Membuat laporan evaluasi diri secara
tertulis tentang pengalaman masing-masing dalam mencari teks
biografi selama proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas,
termasuk kendala yang dialami.
●
Siswa membuat ‘learning journal’
|
Kriteria
penilaian:
●
Pencapaian fungsi sosial
●
Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
●
Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa,
kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
●
Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Pengamatan
(observations):
Sasaran
penilaian adalah:
●
Berperilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
● Ketepatan dan kesesuaian
dalam menyampaikan dan menulis teks biografi
●
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
●
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
strategi dalam membaca
Portofolio
●
Kumpulan catatan kemajuan belajar
● Kumpulan hasil tes dan
latihan.
●
Catatan atau rekaman penilaian diri dan
penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan
Penilaian Sejawat
Bentuk:
diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau bentuk penilaian lain.
|
4
x 2 JP
|
●
CD/ Audio/ VCD
●
Koran/ majalah berbahasa Inggris
●
Sumber dari internet:
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.2
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanaka n komunikasi fungsional
3.12 Menyebutkan fungsi sosial dan kebahassaan dalam lagu
4.16 Menangkap pesan dalam lagu
|
Lagu
Fungsi sosial
Menghibur, mengungkapkan perasaan,
mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
●
Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam
karya seni berbentuk lagu.
●
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang
jelas dan rapi.
● Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan tentang perilaku yang
menginspirasi.
|
Mengamati
●
Siswa mendengarkan lagu yang
diperdengarkan
●
Siswa menirukan model secara terbimbing.
●
Siswa mempertanyakan cara menemukan
informasi rinci dan kesimpulan dari lagu tersebut
Mempertanyakan (questioning)
●
Dengan
pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk mempertanyakan pesan
yang disampaikan dari lagu
●
Siswa mempertanyakan cara menemukan
informasi rinci dan kesimpulan dari lagu tersebut
Mengeksplorasi
●
Siswa
melengkapi rumpang pada lagu tersebut dengan ungkapan yang benar sesuai
dengan model yang dipelajari
●
Siswa
membacakan teks lagu dengan pengucapan dan tekanan kata yang tepat
●
Siswa
berdiskusi tentang pesan lagu yang didengar
Mengasosiasi
●
Secara individu siswa membandingkan
pesan yang terdapat dalam beberapa lagu yang dibaca/didengar
●
Siswa membuat kumpulan lagu- lagu yang
bertema perdamaian dengan menyalin
●
Siswa mengaitkan syair lagu dengan
ungkapan yang sudah dipelajari
Mengkomunikasikan
●
Siswa mendemonstrasikan kemahiran mereka
menyanyikan lagu tersebut dengan pengucapan dan tekanan kata yang benar.
●
Siswa melaporkan kumpulan lagu yang sudah dianalis pesan di
dalam lugu-lagu tersebut
●
Antar siswa melakukan penilaian terhadap
kumpulan lagu yang dibuat.
|
Pengamatan (observations):
Bukan
penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran
penilaian adalah:
●
kesantunan saat melakukan tindakan
●
Perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama dan cinta damai
●
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
●
Ketepatan dan kesesuaian dalam
pengucapan dan penyalinan lirik lagu
Portofolio
●
Kumpulan kemajuan siswa berupa kumpulan
lagu yang disalin dengan tulisan tangan beserta kesan terhadap lagu
●
kumpulan hasil tes dan latihan.
●
Catatan atau rekaman penilaian diri dan
●
penilaian sejawat, berupa komentar atau
cara penilaian lainnya
|
2
x 2 JP
|
●
CD/ Audio/ VCD
●
Koran/Majalah berbahasa Inggris
●
Buku lagu bahasa Inggris
●
Sumber dari internet:
|
0 komentar:
Posting Komentar